16 Oktober 2012

Core Speed AMD Trinity APU Digenjot Hingga 7,3Ghz

detail berita
(Foto: Hothardware)
CALIFORNIA - Seri prosesor teranyar keluaran AMD (Advanced Micro Devices), Trinity APU (accelerated processing unit) telah diumumkan beberapa waktu lalu dan menawarkan berbagai keunggulan, termasuk lebih hemat daya ketimbang seri pendahulunya. Para penggiat overclock melakukan overclocking prosesor tersebut dan mampu mencapai clock Core Speed hingga 7,3GHz.

Dilansir Neowin, Senin (8/10/2012), AMD Trinity APU, seri A10-5800K telah berhasil di-overclock hingga mencapai 7,3GHz dengan menggunakan nitrogen cooling cair. Selain itu, penggiat overclock dari PC Games Hardware juga sukses mendapatkan overclock 5,1GHz menggunakan pendingin udara.

Overclocking A10-5800K menunjukkan angka 7317,74Mhz, meskipun angka ini dicapai dengan penonaktifan dua core dalam APU. Sementara voltase hanya memerlukan 1,956V.

Standar AMD Trinity A10-5800K memiliki empat core yang berjalan antara 3,8GHz dan 4,2GHz. Kecepatan clock tersebut dapat diubah sesuai dengan kebutuhan sistem. Kabarnya, pendingin nitrogen cair tidak akan mungkin mendukung pada mesin rata-rata pengguna komputer, namun pendingin udara yang stabil di 5,1GHz (1,616V), dirasa tepat bagi pengguna yang ingin membeli prosesor kelas menengah (mid-range).

Website Tgdaily menuliskan, bagi para penggiat overclocking atau modifikasi PC, mereka tidak akan menuangkan nitrogen cair pada chip AMD Trinity. Sehingga, dengan capaian clock di 5,1Ghz, merupakan target overclocking yang paling realistis untuk para penggemar teknologi. Jika Anda ingin overclocking APU, pastikan Anda telah menonaktifkan Turbo Mode di BIOS. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar